4 Cara Mudah Menerapkan Sustainable Fashion

0 comments

1. Memilih dengan cermat

Jika kamu ingin membeli pakaian atau alas kaki baru, perhatikan material dari pakaian dan alas kaki yang akan kamu beli. Biasanya tertulis dalam label atau deskripsi produk jika kamu membeli secara daring. Ada banyak istilah material baru yang mungkin akan terlihat asing bagimu tapi saat ini kamu bisa dengan mudah mencari tahu di mesin pencarian. 

 

Eceng Gondok

 

Pilihlah pakaian dan alas kaki dengan material natural seperti kenaf, rami, eceng gondok, dan material bersertifikasi seperti katun organik. Menggunakan pakaian dan alas kaki dengan material alami akan membuat pakaian dan alas kakimu lebih tahan lama atau tidak mudah rusak. 

Selain itu, material alami ketika dicuci tidak meninggalkan residu mikroplastik berupa plastik kecil yang panjangnya tidak lebih dari 5 mm dan sebagian besar ditemukan di laut. Dalam jangka panjang mikroplastik bisa berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan karena kini sudah ditemukan banyak ikan yang dikonsumsi oleh manusia mengandung mikroplastik.

2. Membandingkan harga dengan kualitas

Material yang ramah lingkungan tentu memiliki harga yang berbeda dari material  pada umumnya karena material ramah lingkungan membutuhkan waktu lebih lama saat proses ditanam, membutuhkan perhatian khusus agar bisa meminimalkan penggunaan sumber daya dan limbah yang dihasilkan, serta memastikan kualitasnya baik sehingga dapat digunakan selama mungkin. 

Untuk mengetahui bahwa harga dari pakaian dan alas kaki yang kamu beli sesuai dengan kualitasnya, kamu bisa menghitung harga pada pakaian dan alas kaki dibagi dengan masa barang tersebut akan dipakai. Kamu bisa bertanya pada penjual terkait masa penggunaan dari barang yang akan kamu beli.

Contohnya seperti sepatu SAKI yang memiliki masa penggunaan 2 tahun, dijual dengan harga Rp 438,900.- maka harga setiap penggunaan SAKI adalah Rp 438,900 / 365 hari * 2 tahun = Rp 601.23. Jadi harga sebenarnya yang akan dibayar pada setiap penggunaan sepatu SAKI adalah Rp601.23.

3. Memperbaiki pakaian atau alas kaki yang rusak

Jika suatu hari barang yang sudah dibeli rusak, apa yang akan dilakukan? Membuang? Memperbaiki? Atau Mendonasikan? Jika sustainable selalu jadi pertimbangan pertamamu dalam membuat pilihan, maka opsi untuk membuang seharusnya adalah opsi paling terakhir yang akan kamu pilih. Selama barang tersebut bisa diperbaiki maka kamu bisa menggunakannya kembali.

 

Re-Bumi

Sudah ada beberapa jenama yang memberi garansi dan juga tempat resmi untuk melakukan perbaikan. Seperti program Re-Bumi yang memberikan beberapa pilihan perbaikan jika sewaktu-waktu sepatu yang sudah lama dipakai mengalami kerusakan.

4. Memilih pakaian dan alas kaki yang sesuai dengan tipe kepribadian fesyen

Mengetahui tipe kepribadian fesyen dapat mengubah kebiasaan kamu dalam berbelanja. Tipe kepribadian fesyen bisa membantu kamu memilih pakaian dan alas kaki yang benar-benar kamu butuhkan namun tetap menyesuaikan gaya kamu dalam berpakaian. Elizabeth L. Cline dalam bukunya yang berjudul The Conscious Closet menjelaskan ada 3 tipe kepribadian fesyen:

 

Minimalists

Minimalist

Style Seekers

Style Seeker

Traditionalist 

Traditionalist Style

 

3 jenis tipe kepribadian ini kerangka yang tidak saklek tapi bisa membantu kamu lebih mindful saat berbelanja.

Memulai kebiasaan baru dengan selalu memikirkan sisi sustainable sebelum membuat pilihan tentu bukanlah hal yang mudah. Hal paling penting dalam memulai kebiasaan baru adalah konsisten. Jadi lebih baik memulai dari yang termudah namun konsisten dilakukan dibandingkan memulai banyak kebiasaan baru tapi tidak konsisten.

Kamu memiliki kebebasan untuk memulai sustainable fashion dari cara ke 1, 2, 3, atau 4. Pilihlah yang paling mudah dan sesuai kebutuhanmu terlebih dulu. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual jika kamu masih tidak yakin dengan material yang digunakan, apakah ada garansi yang diberikan, dan apakah ada tempat resmi jika suatu hari barang yang dibeli mengalami kerusakan.

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing
You have successfully subscribed!
This email has been registered